Home » » peningkatan produksi tanaman jagung

peningkatan produksi tanaman jagung

Posted by tulisan seorang pelajar on Tuesday, March 3, 2015


Pendahuluan

1.1         Latar belakang

Jagung adalah sebuah tanaman yang bernilai ekonomis, hal ini tidak dapat dipungkiri bahwa jagung adalah salah satu tanaman dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Jagung juga sering di gunakan sebagai tanaman pengganti nasi. Nilai ekonomis dari tanaman jagung ini karena hampir semua bagian dari tanaman dapat di gunakan seperti batang dan daun yang muda dapat digunakan sebagai makanan ternak dan daun serta batang yang tua bisa di gunakan sebagai pupuk kompos, selain itu buah jagung yang masih muda juga dapat digunakan sebagai sayuran untuk bisa dimakan.(Purwanto, n.d.)
peningkatan jumlah penduduk dan industri akhir - akhir ini tanaman jagung semakin diminati dan cendrung kekurangan stok.selain sebagai bahan makanan tanaman jagung juga sekarang masih diteliti oleh ahli sebagai bahan bakar nabati, yang digunakan sebagai energi altenatif dengan menjadikan tanaman jagung bioetanol. Apabila hal ini terjadi maka akan berimbas pada permintaan pasar yang cendrung meningkat, selanjutnya akibat dari peningkatan permintaan jagung akan sulit didapat, kesulitan dalam hal permintaan juga di akibatkan beberapa negara pengekspor jagung terbesar di dunia seperti Amerika Serikat dan cina mengurangi ekspor karena kebutuhan jagung di negara mereka meningkat, baik untuk kebutuhan pokok maupun untuk keperluan industri.(Purwanto, n.d.)
Guna mempercepat pencapaian peningkatan produksi dan produktivitas dalam rangka melestarikan swasembada jagung diperlukan inovasi teknologi. Salah satu cara untuk menyebarkan inovasi teknologi adalah melalui SL-PTT. Hasil kajian di Provinsi Jambi adalah pada lokasi laboratorium lapang (LL) terjadi peningkatan 18,42-53,28% dibanding sekolah lapang (SL-PTT) dan 17,59-51,7% dibanding non SL-PTT. Hasil display varietas Bima-2, Bima-3, dan Bima-4, mempunyai produktivitas 6,3-96 t/ha lebih tinggi dibanding rata-rata LL 5,5-7,5 t/ha.(balai pengkajian teknologi pertanian Jambi, 2011)

1.2         Tujuan penulisan

1.      Mengetahui karakteristik dari tanaman jagung
2.      Mengetahui cara penanaman dan perawatan tanaman jagung
3.      Dapat menyimpulkan bagaimana cara untuk meningkatkan produksi tanaman jagung

1.3         Rumusan masalah

1.      Bagaimana karakteristik dari tanaman jagung?
2.      Bagaimana cara menanam dan merawat tanaman jagung yang baik dan benar?
3.      Bagaimana kesimpulan yang dapat menjadi solusi bagi peningkatan produksi tanaman?

Pembahasan


2.1         Sejarah Tanaman Jagung

tanaman jagung adalah tanaman yang masih satu keluarga dengan rumput - rumputan yang berasal dari benua amerika. penyebaran tanaman jagung dilakukan oleh bangsa eropa dalam perdagangan, perdagangan bisnis bangsa eropa tersebut menyebar ke seluruh dunia termasuk indonesia. di indonesia penyebutan tanaman itu adalah jagung, sedangkan di ingggris disebut corn.(Anonim, n.d.)

2.2       Morfologi tanaman jagung

Menurut (Subekti, Efendi, & Sunarti, n.d.) morfologi tanaman jagung adalah sebagai berikut :
1.      Akar
Jenis perakaran tanaman jagung adalah akar serabut.
2.      Batang jagung
Batang jagung berbentuk  tegak dan mudah terlihat, sebagaimana sorgum dan tebu, namun tidak seperti padi atau gandum. Batang beruas-ruas. Ruas terbungkus pelepah daun yang muncul dari buku.
3.      Daun
Daun jagung berbentuknya memanjang dan sisitim pertulangan daun sejajar. Bentuk permukaan daun dari tanaman jagung ini ada yang licin dan ada yang berambut. Stomata pada daun jagung berbentuk halter,  berbentuk kipas itu adalah sel epedermis yang tujuannya selalu mengelilingi stomata.
4.      Bunga
Jagung memiliki bunga jantan dan bunga betina yang terpisah, dalam satu tanaman ,Tiap kuntum bunga memiliki struktur khas bunga yang disebut floret. Pada jagung, dua floret dibatasi oleh sepasang glumae, Bunga jantan tumbuh di bagian puncak tanaman, berupa karangan bunga. Serbuk sari berwarna kuning dan beraroma khas. sedangkan Bunga betina tersusun dalam tongkol.
5.      Tongkol.
Tongkol tumbuh dari buku, di antara batang dan pelepah daun, meskipun memiliki sejumlah bunga betina, Pada umumnya satu tanaman hanya dapat menghasilkan satu tongkol produktif, Buah Jagung yang siap panen Beberapa varietas unggul dapat menghasilkan lebih dari satu tongkol produktif, dan disebut sebagai varietas prolifik. Dan bunga jantan jagung memerlukan waktu 2-5 hari  untuk penyerbukan lebih cepat daripada bunga betinanya.


2.3         Syarat Tumbuh Tanaman jagung

Pada umumnya tanaman jagung  memiliki daya adaptasi yang baik di derah tropis seperti di Indonesia. Tanman ini dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik didataran rendah sampai dataran tinggi (pengunungan) yang berketinggian  1800 mdpl. Tanaman jagung biasanya di tanaman pada lahan kering.
Pengaruh iklim pada pertumbuhan tanman jagung adalah curah hujan > 1200 mm, suhu 20 – > 26 oC dan penyinaran. Faktor yang palingpenting dalam pertumbuhan tanaman jagung adalah seberapa banyak intensitas cahaya yang didapat tanaman jagung untuk tumpuh optimal. Tanaman jagung akan tumbuh kurang optimal apabila kekurangan cahaya sinar matahari. Tanaman yang ternaungi pertumbuhannya terhambat dan memberikan hasil yang kurang baik.
Tanah sebagai tempat tumbuh tanaman jagung harus mempunyai kandungan hara yang cukup. Tersedianya air dan zat makanan di dalam tanah sangat menujang proses pertumbuhan tanaman hingga produksi. Kemasaman tanah yang cocok adalah pada pH tanah 6,0 – 7,0 (S1) dengan salinitas < 2 mmhos/cm

2.4         Peningkatan Produksi Tanaman jagung

Program peningkatan produksi tanaman jagung adalah hal yang sangat penting. Pada daerah-daerah yang telah memiliki produktivitas tinggi (> 6,0 t/ha), programnya adalah pemantapan produktivitas. Untuk meningkatkan produksi di daerah yang tingkat produktivitasnya masih rendah (< 5,0 t/ha), diprogramkan pergeseran penggunaan jagung ke jenis hibrida dan komposit unggul dengan menggunakan benih berkualitas.
Kegiatan yang diperlukan dalam jenis bibit yang bermutu antara lain adalah perbaikan sistem produksi dan distribusi benih berkualitas jagung hibrida dan komposit unggul, pembentukan penangkar benih berbasis komunal di pedesaan, dan penerapan PTT.
Peningkatan produksi jagung melalui penerapan IP400 atau 4 kali tanam selama satu tahun (365 hari) dapat dilakukan dengan cara tanam sisip (relay planting) sebelum panen pertanaman I. Varietas jagung yang ditanam dapat dari jenis komposit maupun hibrida yang berumur sekitar 100 hari, dengan cara tanam sisip dapat menghemat siklus waktu yang diperlukan yaitu hanya sekitaR 340 – 355 hari.(sinar tani, 2011)

Penutup

 

           Tanaman jagung adalah salah satu seumber karbohidrat yang tinggi setelah padi, sudah selayaknya pemerintah juga memperhatikan jagung juga, selain mengandung karbohidrat yang tinggi, hampir dari semua bagian tanaman jagung memiliki kegunaan.
           Peningkatan produksi dapat dilaksanakan apabila produsen memperhatikan beberapa aspek penunjang seperti aspek budi daya dan aspek sosial ekonomi. Kedua aspek ini tidak dapat saling berdiri sendiri karena terdapa saling keterkaitan antar satu sama lain.

Saran

            Lebih digalakannya penyuluhan kepada petani untuk mensosialisasikan cara membudidayakan tanaman jagung yang baik dan benar. Serta peran dari pemerintah dalam mengatur berbagai kebijakan ekonomi yang berlaku. Jadi dengan diberikan penyuluhan yang berkala para petani mengetahui bagaimana cara meningkatkan produksi tanaman jagung.



Daftar Pustaka

Anonim. (n.d.). Zea mays, 16.
balai pengkajian teknologi pertanian Jambi. (2011). AKSELERASI PENINGKATAN PRODUKSI DAN PRODUKTIVITAS JAGUNG MELALUI SL-PTT JAGUNG HIBRIDA DI JAMBI Adri dan Endrizal Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi, 4..
Purwanto, S. (n.d.). Perkembangan Produksi dan Kebijakan dalam Peningkatan Produksi Jagung, 456–461.
sinar tani. (2011). INOVASI JAGUNG Aplikatif dan Multiguna.
Subekti, N. A., Efendi, R., & Sunarti, S. (n.d.). Morfologi Tanaman dan Fase Pertumbuhan Jagung, 16–28.

















0 comments:

Post a Comment

.comment-content a {display: none;}