Home » » KEBERPIHAKAN PEMERINTAH DAN DPR TERHADAP PEMBANGUNAN DALAM ARTI LUAS DALAM MEWUJUDKAN BADAN OTORITAS PANGAN

KEBERPIHAKAN PEMERINTAH DAN DPR TERHADAP PEMBANGUNAN DALAM ARTI LUAS DALAM MEWUJUDKAN BADAN OTORITAS PANGAN

Posted by tulisan seorang pelajar on Friday, February 27, 2015




PENDAHULUAN
Pertanian adalah suatu pekerjaan yang sudah sangat lama melekat pada masyarakat indonesia. Sudah sejak dari masa penjajahan belanda, indonesia sudah mengenal pertanian. Sampai saat ini pertanian di indonesia telah banyak mengalami perkembangan dan itu semua tidak lepas dari perhatian pemerintah indonesia.
Sangatlah mustahil apabila pertanian di indonesia berjalan cukup baik sampai sekarang apabila tidak adanya perhatian dari pemerintah. Bisa di bayangkan jika pemerintah total tidak mendukung sektor pertanian di indonesia, akan seperti apakah indonesia yang kita kenal sekarang. Pemerintah di masal lalu sudah berperan cukup baik dalam perkembangan pertanian di indonesia.
Walaupun Pemerintah dan DPR  cukup memberikan perhatian untuk pertanian di indonesia, tetapi keberpihakan pemerintah akan dunia pertanian di indonesia masih kurang dibandingkan dengan sektor lain, maka dari itu pertanian di indonesia butuh keberpihakan yang lebih untuk memajukan perjanian ke arah yang moderen, yang para petaninya bisa mandiri dan sejahtera.
TANTANGAN MASALAH PERTANIAN PADA PEMERINTAHAN MENDATANG
Pertanian adalah sebuah kata yang sangat penting dalam pemerintahan indonesia, pertanian di indoenesia memegang sebuah kunci penting dalam membangun perekonomian negara. Sektor pertanian adalah sebuah kunci untuk membrantas kemiskinan di indonesia, dengan wilayahnya yang dilalui garis khatulistiwa dan laut yang luas, tidak heran jika pertanian dalam arti luas yang memegang kuncinya.
Sebagai sebuah ilustrasi, indonesia mempunyai wilayah yang di lalui garis khatulistiwa yang artinya tempat yang dilalui garis itu adalah tanah yang sangat cocok untuk pertanian dan apabila pemerintahan indonesia memberikan perhatian dan keberpihakan yang lebih besar terhadap dunia pertanian di indonesia, bukan menjadi hal yang tidak mungkin indonesia akan menjadi negara pengekspor hasil dari produk pertanian yang akan menguasai pasar dunia. Apabila itu berhasil maka dengan sendirinya devisa negara akan meningkat dan angka kemiskinan di indonesia akan berkurang.
Keberpihakan pemerintah dan DPR dalam sektor pertanian di indonesia adalah sebuah kunci utama untuk membentuk kesejahteraan masyarakat, peningkatan devisa negara, pengurangan angka jumlah kemiskinan, dapat membentuk badan otoritas pangan secara terpadu dan yang terpenting adalah membentuk ketahanan pangan yang ada di indonesia.
KEBIJAKAN PEMERINTAH DAN DPR YANG MERUGIKAN PETANIAN
Keberpihakan pemerintah akan pertanian memang dibilang kurang, walaupun sudah banyak kebijakan pemerintah untuk pertanian. Tetapi pada nyatanya kebijakan pemerintah untuk pertanian hanya menguntungkan para pemilik modal saja bukan ke yang mikronya atau para petani. Seharusnya pemerintah menyadari bahwa para petani adalah aset yang sangat penting di negara indonesia.
Beberapa kebijakan pemerintah yang saya nilai sangat merugikan petani seperti UU tentang pangan yang melegalisasi impor yang merugikan petani produsen yang menjatuhkan harga produksi, UU sumber daya air yang merugikan petani yang berebut sumber daya air dengan industri air kemasan dan lainnya. Kebijakan – kebijakan seperti itu adalah salah satu dari sekian banyak kebijakan yang sangat merugikan dari pihak petani dan menjadikan alasan saya bahwa keberpihakan pemerintah akan pertanian di indonesia yang saya nilai masih kurang. Seharusnya pemerintah memberdayakan para petani dengan kebijakan barunya dan membuat para petani lebih sejahtera dengan memberi akses yang mudah dan memberikan modal – modal untuk para petani dengan program – program dari hasil kebijakan pemerintah.
Kebijakan pemerintah dan keberpihakannya sangatlah penting untuk membentuk sebuah komoditas pertanian yang mandiri. pemerintah sebaiknya memperhatikan dan mempertimbangkan dampak apa yang di timbulkan apabila sekor pertanian di indonesia hancur akibat kebijakan mereka yang merugikan petani. Kebijakan – kebijakan pemerintah yang mendatang di harapkan tidak merugikan petani lagi.
HARAPAN PERTANIAN PADA PEMERINTAHAN SEKARANG
Betapa pentingnya pertanian disuatu negara, bayangkan jika suatu negara tidak punya sumber daya pertanian, betapa rentannya juga mereka. Mungkin mereka berdaulat atas industri misalnya dan selalu membeli sumber daya pertanian dari negara lain, menjadi sebuah mimpi buruk apabila dia bermusuhan dengan negara penghasil sumber daya pertanian,  itu yang akan terjadi pada indonesia jika tidak memperhatikan pertanian.
Pentingnya sebuah pertanian dibuktikan bahwa manusia makan, meskipun pertanian sangatlah penting tetapi pemerintah indonesia kurang berpihak pada pertanain, mungkin penyebabnya adalah didalamnya ada permainan politik, ada pihak dalam yang bermain sehingga muncul sebuah kebijakan yang merugikan petani. Mereka tidak tau kalau dampak yang timbul atas kebijakan yang mereka buat sendiri akan menghancurkan sektor pertanian dan berimbas pada devisa negara serta mengancam kedaulatan pangan negara.
Diharapkan kepada pemerintah dengan presidennya yang baru ini membuat kebijakan yang minimalnya tidak merugikan petani dan sebaiknya menguntungkan petani. Seperti janjinya waktu kampanye lalu yang dia akan menyorot di sektor petanian.
PENUTUP
Sektor pertanian, bagaimanapun sebuah negara besarnya dan kuatnya jika tidak di perkuat dengan itu maka akan sangat rentan, begitu juga dengan indonesia, jika ingin negara ini besar dan adidaya, hanya pertanian yang menjadi kunci utamanya, jika pertanian maju, maka teknologi dan lainnya akan mengikuti. Sektor pertanian sangat berpengaruh pada kebijakan pemerintah, Maka dari itu di masa pimpinan presiden yang baru kami mengharapkan agar sektor pertanian lebih di utamakan dengan kebijakan – kebijakan yang tidak  merugikan pertanian.
KEPUSTAKAAN


0 comments:

Post a Comment

.comment-content a {display: none;}